Tuesday, December 18, 2007

Quill

Film yang dirilis tahun 2004 ini bercerita tentang kehidupan seekor anjing Labrador bernama Quill. Ceritanya bermula dari hari ketika Quill dilahirkan. Diceritakan dengan narasi suara untuk mengisahkan tingkah polahnya yang lucu. Quill kecil dilahirkan dengan tanda lahir berbentuk menyerupai salib atau silang di perutnya. Sebuah hal yang sangat langka terjadi pada seekor anjing sejenisnya.

Ketika berumur tiga bulan, Quill dititipkan pada pasangan suami istri yang tidak mempunyai anak. Hal ini dimaksudkan sebagai orientasi untuk membiasakan Quill terhadap kehadiran manusia dan mempercayai manusia, serta untuk memberinya pendidikan dasar. Ketika berumur satu tahun, Quill sekali lagi berpisah dengan tuannya untuk dididik di sekolah anjing penuntun, dibawah didikan handlernya, Tawada. Walaupun pada awalnya terkesan lambat dalam menerima pelajaran, tetapi lambat laun Tawada menyadari bahwa Quill berbeda. Quill ternyata sangat patuh dan tidak mudah terganggu dgn keadaan sekelilingnya, sebuah kepribadian yang sangat cocok untuk menjadi anjing penuntun.

Melalui perantaraan Tawada, Quill dikenalkan kepada Watanabe, seorang lelaki tua buta yang keras kepala, yang pada awalnya sangat tidak percaya pada manfaat seekor anjing penuntun. Namun kemudian Tawada dapat meyakinkan Watanabe utk menggunakan jasa anjing penuntun, dan mulailah Watanabe berlatih bersama Quill. Sifat Quill yang penyabar, lambat laun mulai meluluhkan Watanabe, dan jadilah Quill sebagai anjing penuntun bagi Watanabe. Suka duka mereka jalani bersama, sampai akhirnya Watanabe meninggal karena penyakit diabetes yang telah lama dideritanya.

Pengabdian Quill sebagai anjing penuntun bagi orang buta berakhir ketika ia berumur 12 tahun. Saat itu, Quill yang telah menjadi anjing yang sangat tua, dipertemukan kembali kepada pasangan tanpa anak yang dulu pernah memeliharanya waktu kecil. Bersama mereka, Quill menjalani hari-hari akhir hidupnya, di tempat yang sama dengan tempat waktu kecilnya dulu, dimana semua kandang dan mainannya masih dibiarkan sama seperti saat ia masih berumur 3 bulan dulu. Quill meninggal ketika berusia 12 tahun dan 35 hari. Ditemani oleh pasangan suami istri yang menemaninya, tidur di sampingnya, ketika ia menghembuskan nafas terakhirnya. Kalau anda penggemar anjing, film ini harus anda tonton. You will feel warm at heart. Sayangnya cuma ada di dvd. Coba cari di ambas saja di tempat yang jual dvd. Pasti mereka punya di section film Jepang.

1 comment:

Anonymous said...

a must see movie, terutama untuk pecinta labrador... atashi no ichiban daisuki no ega desu :) minna mitte ne ;)